Thursday, May 17, 2012

Alergi Makanan Seafood


Alergi Seafood

By www.radar-bogor.co.id

Pernah nggak kamu ngerasa setelah makan makanan tertentu kulit kamu terasa gatal hingga merah atau bahkan bisa sesak napas? Jika pernah, mungkin kamu alergi pada makanan tersebut. Biasanya, kebanyakan orang alergi pada makanan seafood seperti udang, cumi, ikan, kepiting dan lainnya.

SEBENARNYA tidak ada yang salah dengan makanan itu, justu seafood memiliki rasa yang enak, gurih dan mengandung protein yang baik bagi tubuh.

Tapi terkadang jika seafood yang dikonsumsi kurang bersih dan terdapat kandungan tertentu yang kurang cocok dengan tubuh kita bisa menimbulkan alergi juga lho.

Pengalaman alergi seafood dialami oleh seorang mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB) yaitu Rosianne. Sejak kecil cewek yang biasa disapa Rosi ini nggak mengelak jika dirinya alergi seafood.

Dia mengetahuinya saat setelah makan seafood selalu menimbulkan reaksi pada kulitnya seperti merah-merah bahkan disertai gatal-gatal. Biasanya reaksi itu muncul selama satu hari, yang lebih parah kulit Rosi memerah dan baru hilang selama tiga hari kemudian. Kemudian orang tuanya langsung membawa Rosi ke dokter kulit.

Selain seafood, Rosi juga alergi pada debu dan panas matahari. Jika terkena reaksi yang timbul akan sama. “Gue alergi sama seafood yang kotor dan udah lama. Jadi kadang makan seafood jadi gatel kalo nggak dicuci bersih atau udah nggak segar lagi langsung alergi. Jadi gue nggak bisa makan seafood yang di pinggir jalan atau yang udah lama gitu,” ungkapnya.

Setelah menceritakan pengalamannya Rosi mengaku saat ini mulai menghindari makanan seafood yang dijual di pinggir jalan atau yang kira-kira masih kotor. Selain itu, dia juga mengurang konsumsi kerang, karena menurutnya kerang termasuk seafood yang kotor.

Padahal dia menyukai rasa kerang yang enak dan lezat. Obat alergi juga nggak luput dari bawaannya. Dia selalu sedia obat alergi di dompetnya sehingga saat alerginya kambuh Rosi segera meminumnya guna mengurangi efek yang ditimbulkan setelah mengonsumsi seafood.

”Sebisa mungkin hindari makanan yang bikin alergi. Kalaupun pengen makan seafood cari yang bersih dan aman. Selalu siap obat alergi di dompet ke mana pun kita pergi, dan harus tetap dibawa,” pesan Rosi. (mg3)

No comments:

Post a Comment